9 Jenis Perangkat Lunak Perkantoran yang wajib di install

Anugerah Computer – Mengetahui apa saja fitur dan fungsi perangkat lunak perkantoran tentunya akan membantu Anda. Karena cukup banyak software yang biasa digunakan untuk skala kantor.

Seperti halnya pengolah kata, manajemen data, beberapa di antaranya digunakan untuk menyediakan bahan untuk pemodelan data. Setiap aplikasi memiliki fiturnya sendiri yang membuatnya penting.

Anda mungkin akrab dengan Office, Access, PowerPoint, Excel, dan Word. Sebagian besar aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis, bukan tanpa alasan mereka selalu berada di kantor-kantor.

Aplikasi apa yang paling sering digunakan di kantor Anda? Apakah Anda cukup familiar dengan fitur-fiturnya?

Fitur dan Fungsi Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran

 

Mulai dari Microsoft Word yang paling umum, hingga OpenOffice Math yang keberadaannya sangat berguna di area tertentu.

di bawah ini merupakan beberapa informasi tentang fitur dan fungsi dari perangkat lunak perkantoran.

1. Jurnal by Mekari

 

Jurnal adalah perangkat lunak atau aplikasi keuangan yang menyediakan berbagai fungsi, termasuk pencatatan transaksi penjualan.

Kini Jurnal dilengkapi dengan aplikasi kasir atau cash register sebagai aplikasi tambahan yang memudahkan proses transaksi penjualan kapan saja, dimana saja, bahkan tanpa koneksi internet.

Journal Touch adalah aplikasi yang juga merupakan bagian dari aplikasi akuntansi Jurnal, yang dirancang khusus untuk menggantikan mesin kasir tradisional yang dapat membantu Anda mencatat semua transaksi penjualan komersial.

Dengan Journal Touch, Anda dapat melihat seluruh daftar produk yang telah Anda buat di jurnal secara detail, mulai dari nama produk, harga beli dan jual, deskripsi produk, kategori produk, jumlah produk yang tersedia di toko, atau stok yang tersedia. .

Banyak pebisnis di Indonesia yang mempercayai aplikasi web Journal untuk penjualan. Daftar sekarang dan dapatkan uji coba gratis 14 hari di sini.

2. Microsoft Excel

 

Jenis aplikasi office selanjutnya adalah Microsoft Excel yang fungsinya untuk mengolah data.

Membuat tabel memang bisa dilakukan di Microsoft Office, namun jika harus memasukkan data yang banyak akan membosankan.

Solusinya adalah dengan menggunakan Microsoft Excel yang fungsinya mengolah data.

Worksheet yang disediakan oleh Microsoft Excel berupa field-field yang bisa langsung diisi untuk membuat tabel. Selain membuat tabel, Microsoft Excel dapat melakukan banyak pengolahan data.

Dimulai dengan penjumlahan sederhana dan diakhiri dengan perhitungan nilai rata-rata yang dimasukkan.

3. Microsoft Powerpoint

 

Microsoft Powerpoint juga merupakan aplikasi perkantoran yang dapat digunakan untuk membuat presentasi yang menarik. Dalam skala kantor, tentu tidak jarang dibutuhkan presentasi, baik kepada atasan, rekan kerja, maupun klien.

Ini karena Microsoft Powerpoint memudahkan pengguna untuk membuat presentasi dengan materi apa pun yang dapat dimasukkan dan penyesuaian apa pun yang dapat ditambahkan ke estetika.

Ini dapat digunakan untuk menganimasikan transisi slide, mengubah latar belakang slide, membuat tabel, menambahkan gambar, menyisipkan tautan ke dokumen atau situs web lain.

Aplikasi ini pasti sangat berguna. Bahkan, ini tidak hanya untuk skala kantor, tetapi juga akan membantu anak sekolah dan siswa.

4. Microsoft Access

 

Lalu ada Microsoft Access, aplikasi office yang memiliki fungsi hampir sama dengan Microsoft Excel, namun tetap ada perbedaan di antara keduanya.

Access dihadirkan sebagai aplikasi database relasional yang biasa digunakan di perkantoran, bisnis rumahan, dan perusahaan besar.

Biasanya digunakan untuk manajemen data, Microsoft Access dapat mengimpor data dari beberapa aplikasi Microsoft yang disebutkan di atas dan yang akan disebutkan. Dapat mengimpor data dari Microsoft Office, Microsoft Excel dan lain-lain.

5. Microsoft One Note

 

Sedangkan untuk aplikasi Microsoft office, Onenote merupakan anggota Microsoft yang fungsinya untuk membuat catatan multi-user. Catatan virtual yang bisa disematkan atau dibagikan bisa dalam bentuk apapun, bisa berupa catatan, gambar, tabel, bahkan kipling juga bisa dishare dengan aplikasi ini.

Hal ini sangat diperlukan agar tim memiliki reminder untuk bekerja sama dengan baik. Microsoft sudah memiliki versi Onenote terpisah yang dapat digunakan untuk smartphone.

6. Google Spreadsheet

 

Aplikasi office selanjutnya adalah Google Spreadsheet, sebenarnya aplikasi ini juga bisa digunakan untuk reminder atau catatan agar tidak ada tim yang lupa. Namun, Aplikasi Google Spreadsheet ini juga digunakan untuk berbagi di tempat kerja.

Nantinya, para anggota akan dimasukkan ke dalam spreadsheet. Jika Anda sudah menjadi anggota, pengguna dapat mengedit isi spreadsheet karena lembar tersebut dalam bentuk Excel.

Hanya saja Microsoft Excel tidak bisa diakses secara real time oleh banyak orang dalam waktu yang bersamaan, tapi Google Sheets bisa.

7. Google Doc

 

Jika Anda perlu membuat dokumen secara online dan dengan banyak fitur, maka Google Doc digunakan. Memang sudah ada Microsoft Word yang bisa digunakan untuk membuat dokumen, namun perlu diketahui bahwa Google Doc ini memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki Microsoft Word.

Dua fitur tersebut adalah fitur untuk mengoreksi kesalahan penulisan atau typo, dan fitur voice dialing yang memudahkan pengguna dalam membuat dokumen.

Dengan fitur koreksi kesalahan penulisan, pengguna tidak perlu membaca dokumen dari awal hingga akhir untuk dapat membuat dokumen yang benar-benar bebas dari kesalahan penulisan. Sementara itu, fitur input suara memungkinkan pengguna yang tidak dapat mencetak untuk membuat dokumen.

8. Calc

 

Calc adalah aplikasi perangkat lunak perkantoran yang dapat digunakan untuk mengolah data numerik. Apa yang dapat dilakukan Calc belum tentu sama dengan apa yang dapat dilakukan oleh perangkat lunak aplikasi lain. Fungsi yang paling umum digunakan di Calc adalah fungsi aritmatika dan ukuran.

Nama lengkap aplikasi ini adalah OpenOffice.Org Calc, namun lebih sering disebut dengan Calc. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengolah data, angka, teks dan rumus numerik.

Rumus numerik yang diproses dengan Calc biasanya berupa rumus yang membutuhkan waktu lama untuk diproses secara manual atau bahkan tidak dapat dilakukan secara manual.

9. OpenOffice Math

 

Aplikasi perkantoran terakhir yang diulas dalam daftar ini adalah OpenOffice Math. Diperkenalkan dengan nama lengkap OppenOffice.org Math, fungsinya untuk lebih mudah memasukkan rumus matematika.

Meskipun Microsoft Word atau aplikasi pembuat dokumen lainnya dapat digunakan untuk membuat rumus matematika, opsi dan penyesuaiannya terbatas. Ini tidak terbatas jika OpenOffice Math digunakan, karena aplikasi ini benar-benar dirancang untuk tujuan ini.

Setelah membuat rumus matematika dengan Open Office Math, Anda dapat mentransfernya ke perangkat lunak lain sesuai kebutuhan. Misalnya dengan memindahkannya ke OpenOffice Writer.

Saya tidak mengecualikan kemungkinan beralih ke Microsoft Word, jika memang ini yang dibutuhkan aplikasi ini. Ternyata, ada banyak fitur dan fungsi aplikasi perkantoran, yang masing-masing menjalankan fungsinya sendiri.

Wajar jika sering ditemukan di skala kantoran karena merupakan aplikasi yang sangat berguna. Tanpa aplikasi di atas, pekerjaan kantor bisa lebih sulit dan memakan waktu.

Beberapa digunakan untuk pemrosesan data, pembuatan dokumen, perhitungan, koreksi kesalahan, dan banyak lagi. Kecenderungan untuk menggunakan satu atau lebih dari mereka dibenarkan, karena kebutuhan pekerjaan kantor di daerah yang berbeda bisa berbeda.

Bahkan, mungkin Anda menemukan salah satu aplikasi di atas yang Anda cari? Itulah beberapa daftar aplikasi pembukuan kantor dan toko yang memudahkan pekerjaan akuntan.

 

Editor : Administrator