Cara Menghapus Aplikasi dari Laptop

Anugerah ComputerUninstall atau Menghapus Aplikasi dari Laptop Laptop merupakan komputer jinjing yang sering digunakan untuk membantu seseorang bekerja di segala bidang.

Fungsinya tidak jauh berbeda dengan personal computer atau PC. Padahal, perangkat ini lebih mudah digunakan dan praktis karena bisa dibawa kemana-mana.

Saat ini, berbagai jenis laptop yang dirilis oleh sejumlah merek terkenal seperti Asus, Hp, Acer, dll dilengkapi dengan prosesor terbaik. Kemudian kapasitas ruang disk dan RAM menjadi lebih besar. Ini memungkinkan Anda untuk menyelesaikan tugas tertentu lebih cepat.

Namun, meskipun dilengkapi dengan spesifikasi tinggi, kinerja laptop Anda mungkin dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Misalnya, ada terlalu banyak perangkat lunak atau aplikasi. Jika iya, Anda harus tahu cara uninstall aplikasi di laptop. Dengan demikian, kinerja laptop Anda akan kembali ke level sebelumnya.

Jika Anda tidak tahu cara menghapus aplikasi di laptop, berikut adalah instruksinya untuk Anda. Dirangkum dari sejumlah sumber, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

 

Manfaat menghapus aplikasi yang tidak perlu di laptop

 

Hampir semua seri laptop untuk PC yang dirakit sendiri kebanyakan menggunakan sistem operasi Windows 10. Namun, ada juga yang masih menggunakan Windows 8 dan Windows 7.

Jenis sistem operasi (OS) yang dikeluarkan oleh perusahaan teknologi raksasa Microsoft memang sudah sangat familiar. Karena sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1990-an, sistem operasi ini sudah banyak digunakan oleh semua orang. Semua fasilitas membantu banyak tenaga manusia.

Perlu Anda ketahui bahwa sistem operasi yang digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia bukan hanya Windows. Misalnya, OS Linux, yang memungkinkan pengguna bekerja dengan sistem operasi multitasking tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang disk. Tetapi karena sistem OS Windows lebih populer, perangkat lunak ini tidak terlalu menarik perhatian pengguna komputer.

Berbicara tentang ruang penyimpanan, sistem operasi biasanya membagi kapasitas hard disk menjadi dua bagian. Yang pertama adalah drive lokal (c :), yang digunakan untuk menyimpan folder aplikasi utama. Kemudian yang kedua adalah local disk (d :), fungsinya untuk menyimpan file jenis apapun.

Ruang penyimpanan akan penuh jika Anda menginstal terlalu banyak aplikasi. Selain memperlambat kinerja laptop, penggunaan software yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan laptop mudah rusak.

Salah satu solusinya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan. Berikut adalah manfaat yang Anda dapatkan jika Anda menghapus aplikasi di laptop:

  • Performa laptop akan stabil dan lebih baik dari sebelumnya.
  • Ruang penyimpanan semakin besar. Ini berarti Anda dapat menyimpan banyak file penting.
  • Keamanan laptop Anda terjamin. Karena biasanya beberapa aplikasi yang sembarangan dipasang berisiko membocorkan data Anda.

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda dapat meng-uninstall beberapa aplikasi yang tidak penting di laptop Anda. Sehingga kinerja laptop Anda menjadi lebih cepat.

Mengutip dari situs resmi Microsoft, yaitu Support.microsoft.com, berikut adalah panduan sederhana dan praktis untuk meng-uninstall aplikasi di laptop:

  1. Langkah pertama adalah membuka laptop.
  2. Kemudian klik tombol Start Windows atau klik icon Windows yang terletak di pojok kiri bawah layar laptop Anda.
  3. Setelah itu, cari menu control panel untuk uninstall atau uninstall aplikasi yang diinginkan.
  4. Jika sudah terbuka, di menu Control Panel, cari item “Applications and Programs” atau “Programs and Features”.
  5. Langkah selanjutnya adalah menemukan aplikasi yang ingin Anda hapus. Misalnya Anda ingin meng-uninstall aplikasi pemutar musik, maka Anda hanya perlu mengklik ikon aplikasi lalu pilih Uninstall.
  6. Tunggu beberapa detik hingga aplikasi benar-benar dihapus.
  7. Ulangi langkah ini jika Anda ingin menghapus aplikasi lain.

 

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10 Anti Rumit Terbaru

 

Sistem operasi Windows 10 saat ini menjadi sistem operasi bawaan untuk beberapa seri laptop yang diluncurkan di pasaran. Dengan segala pembaruan dan berbagai tools menarik, sistem ini akan memudahkan pengguna dalam bekerja.

Adapun cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10, Anda bisa mencoba panduan berikut ini:

 

Hapus aplikasi dari menu start:

 

  1. Langkah pertama adalah membuka laptop.
  2. Kemudian klik tombol Mulai Windows.
  3. Jika demikian, Anda tinggal memilih aplikasi mana yang ingin Anda hapus.
  4. Setelah itu, klik kanan dan pilih “Hapus”.

 

Cara menghapus aplikasi di Windows 10 dengan Control Panel:

 

  1. Langkah pertama adalah membuka laptop.
  2. Kemudian, di kotak pencarian di taskbar, ketik Control Panel dan pilih dari hasil.
  3. Langkah selanjutnya adalah memilih “Program”, lalu “Program dan Fitur”.
  4. Jika Anda telah mengklik kanan pada program yang ingin Anda hapus, pilih Copot atau Ubah. Kemudian ikuti petunjuk di layar.
  5. Tunggu beberapa detik hingga aplikasi selesai mencopot pemasangan.

 

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 8 dan Windows 8.1 Paling Mudah

 

Untuk mempelajari cara uninstall aplikasi di laptop Windows 8 dan Windows 8.1, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

  1. Pilih Mulai atau Mulai.
  2. Kemudian pilih “Pengaturan” dan klik “Aplikasi”.
  3. Setelah itu, buka bagian “Aplikasi dan fitur”.
  4. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu pilih Copot pemasangan.
  5. Tunggu beberapa detik hingga aplikasi benar-benar dihapus.

 

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 7

 

Windows 7 adalah sistem operasi yang populer di awal tahun 2007-an. Namun, kali ini, OS tersebut mulai ditinggalkan. Namun, ini tidak berarti bahwa pengguna telah pergi.

Berikut adalah panduan untuk menghapus aplikasi di Windows 7:

  1. Buka Panel Kontrol dari menu Mulai.
  2. Kemudian pilih menu Program.
  3. Langkah selanjutnya adalah mengklik Program dan Fitur.
  4. Jika sudah, klik tombol “Hapus”. Atau Anda juga dapat mengklik dua kali kiri pada ikon aplikasi dan klik “Copot”.
  5. Jika demikian, klik Ya untuk menghapus instalan aplikasi di Windows 7.

Itulah langkah-langkah atau cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 ke Windows 10 versi terbaru. Sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia, OS Windows selalu memperbarui aplikasinya secara default.

Hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan apapun, termasuk menguninstall berbagai aplikasi yang memperlambat laptop Anda.