Pengertian dan jenis database

Anugerah Computer – Pengertian dan jenis-jenis database Pengguna gadget seperti komputer atau laptop mungkin sudah pernah mendengar istilah “database”. Database atau Basis data memang merupakan elemen penting dari komputerisasi. Kalaupun pernah mendengar atau sering mendengar, mungkin sebagian orang masih belum mengetahui tentang database ini.

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan secara sistematis di komputer yang dapat diproses oleh perangkat lunak untuk mengambil informasi tersebut.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang database, di sini kami telah mengumpulkan beberapa informasi terkait database dari oracle.com dan ntchosting.com.

Database dan Situs Web

Database itu sendiri adalah salah satu blok bangunan terpenting dari World Wide Web saat ini. Database di jantung sebagian besar situs web dan aplikasi berorientasi konten memiliki misi khusus untuk menyediakan mekanisme yang terorganisir dengan baik di mana data dapat dimanipulasi atau diproses.

Dalam pengembangan web atau aplikasi modern, pendekatan database adalah pendekatan jaringan yang menawarkan cara cepat dan otomatis untuk menyimpan, mengelola, menghapus, atau mengambil informasi. Sejumlah fitur canggih memungkinkan database membuat situs web lebih dinamis, membuka halaman baru dalam sejarah evolusi Internet.

Database adalah tabel yang terdiri dari kolom (columns) dan baris (record), di mana setiap kolom berisi atribut tertentu dan setiap baris menampilkan nilai tertentu untuk atribut yang sesuai.

Jumlah kolom dalam sebuah tabel tergantung pada berapa banyak jenis/kategori informasi yang perlu kita simpan dalam database, sedangkan jumlah baris ditentukan oleh jumlah objek yang akan diwakili oleh record yang dikategorikan.

Jenis pengorganisasian data sederhana dalam tabel database ini memungkinkan program komputer untuk dengan cepat memilih dan memproses potongan informasi yang mereka butuhkan.

Database Management System (DBMS)

Komunikasi antara database dan program komputer yang sedang berjalan dimulai melalui sistem manajemen database atau database management system (DBMS). Yang terakhir adalah satu set program yang menerima permintaan data dari program aplikasi dan menginstruksikan sistem operasi bagaimana memproses informasi yang diminta.

Proses ini dilakukan melalui berbagai operasi manajemen yang didukung oleh DBMS, seperti menginstal, menyimpan, menghapus, atau mengambil data dari database. Semua tindakan ini dilakukan dengan menggunakan perintah SQL tertentu.

Pengguna juga dapat dengan mudah menambahkan kategori atau atribut data baru ke database tanpa mengganggu sistem. Sistem manajemen database bekerja dengan semua model database yang tersedia, seperti model jaringan dan model relasional.

Karena peran mendasar dari Database dalam menjalankan situs web dinamis, pendekatan berbasis database digunakan di hampir setiap situs web baru yang muncul di World Wide Web saat ini.

Misalnya, di situs web komersial, database digunakan untuk menyimpan dan mengelola berbagai data seperti informasi login pengunjung, detail pembelian, log pesanan, laporan perusahaan, skema harga, dll. Ini biasanya dikelola oleh DBMS perusahaan. dirancang untuk menangani sejumlah besar data.

Penggunaan Database di situs web pribadi juga sangat penting dalam kasus di mana pembaruan konten secara teratur diperlukan, misalnya, di blog atau saat menyiapkan album foto, situs komunitas, dll. Di sini, pengelolaan dilakukan melalui DBMS Pribadi.

SQL

Database adalah kumpulan terorganisir dari informasi terstruktur yang biasanya disimpan secara elektronik pada sistem komputer.

database biasanya dikendalikan oleh sistem manajemen database (DBMS). Bersama-sama, data dan DBMS dan aplikasi terkaitnya disebut sebagai sistem database, sering disingkat menjadi database saja.

Data yang paling umum digunakan dalam jenis database saat ini biasanya diwakili oleh baris dan kolom dalam serangkaian tabel untuk membuat pemrosesan data dan kueri lebih efisien.

Data kemudian dapat dengan mudah diakses, dikelola, dimodifikasi, diperbarui, dikendalikan, dan diatur. Sebagian besar database menggunakan Structured Query Language (SQL) untuk menulis dan meminta data.

SQL adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh hampir semua database relasional untuk query, proses dan mendefinisikan data, dan menyediakan kontrol akses.

SQL pertama kali dikembangkan di IBM pada 1970-an dengan Oracle sebagai kontributor utama, yang mengarah pada adopsi standar ANSI SQL. SQL telah mendorong banyak ekstensi dari perusahaan seperti IBM, Oracle, dan Microsoft. Sementara SQL masih banyak digunakan saat ini, bahasa pemrograman baru juga mulai bermunculan.

Jenis-jenis Database

Ada banyak jenis database. Untuk menentukan apa yang terbaik untuk organisasi tertentu dari database, seseorang harus bergantung pada bagaimana organisasi bermaksud menggunakan data.

Berikut jenis-jenis database:

Database relasional

Database relasional dominan pada 1980-an. Elemen-elemen dalam database relasional diatur sebagai satu set tabel dengan kolom dan baris. Teknologi database relasional menyediakan cara yang paling efisien dan fleksibel untuk mengakses informasi terstruktur.

Database berorientasi objek

Informasi dalam database berorientasi objek direpresentasikan sebagai objek, seperti dalam pemrograman berorientasi objek.

Database terdistribusi

database terdistribusi biasanya terdiri dari dua atau lebih file yang terletak di situs yang berbeda. database dapat disimpan di banyak komputer, terletak di lokasi fisik yang sama, atau didistribusikan melalui jaringan yang berbeda.

Gudang data

Gudang data pusat, gudang data adalah jenis database yang dirancang khusus untuk kueri dan analisis cepat.

Database NoSQL

NoSQL atau database non-relasional adalah tipe yang memungkinkan Anda untuk menyimpan dan memproses data tidak terstruktur dan semi terstruktur. database NoSQL menjadi semakin populer karena aplikasi web menjadi lebih umum dan kompleks.

Database grafik

Database Graph menyimpan data dalam bentuk entitas dan hubungan antar entitas.

Database OLTP

database OLTP adalah database analitik cepat yang dirancang untuk transaksi volume tinggi yang dilakukan oleh banyak pengguna.

Terlepas dari jenis database tersebut, perubahan perkembangan teknologi dan kemajuan signifikan seperti komputasi awan dan otomatisasi juga mendorong perkembangan database. Beberapa jenis database terbaru adalah:

Open source database

Sistem database open source adalah sistem yang kode sumbernya open source; database dapat berupa database SQL atau NoSQL.

Database cloud

database cloud atau awan adalah kumpulan data, terstruktur atau tidak terstruktur, yang berada di platform komputasi awan pribadi, publik, atau hibrida. jenis model database cloud ini terbagi dua, yaitu: tradisional dan database sebagai layanan (DBaaS).

Database multimodel

database multi-model menggabungkan berbagai jenis model database menjadi satu bagian belakang yang terintegrasi. Ini berarti bahwa mereka dapat menyimpan berbagai jenis data.

Database dokumen / JSON

Dirancang untuk menyimpan, mengambil, dan mengelola informasi dokumen-sentris, database dokumen adalah cara modern untuk menyimpan data dalam format JSON daripada dalam baris dan kolom.

Database self-driving

Jenis database terbaru dan paling inovatif, database yang dikelola sendiri (juga dikenal sebagai database yang berdiri sendiri) berbasis cloud dan menggunakan pembelajaran mesin untuk mengotomatiskan pengaturan database, keamanan, pencadangan, peningkatan, dan tugas manajemen rutin lainnya yang biasanya dilakukan oleh database administrator.